Minggu, 20 Januari 2013

SOSIAL MEDIA PADA UNIVERSITAS DI INDONESIA

Media sosial / Sosial Media adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Kali ini saya akan membahas mengenai Sosial Media yang ada di Universitas di Indonesia. Pada dasarnya Setiap Universitas mempunyai Sosial Media yang merupakan sarana berbagi informasi baik berupa tulisan,gambar atau video. Hal itu dilakukan untuk mempermudah para Dosen,Mahasiswa atau orang yang ingin mencari tau informasi mengenai Universitas yang bersangkutan juga bisa digunakan untuk mencari tau kabar terupdate.

Berikut ini saya akan ulas dan membandingkan sarana Media Sosial yang ada pada Universitas Widyatama Bandung dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran jawa Timur.


**Universitas Widyatama Bandung (http://www.widyatama.ac.id/)

Sosial Media yang ada antara lain:
1.FACEBOOK

Di Universitas Widyatama memiliki alamat link resmi Facebook seperti yang tertera di atas. Biasanya facbook group ini  berisi informasi lumayan terupdate mengenai kegiatan atau informasi sederhana yang sedang terjadi ataupun yang telah lewat agar mahasiswa mengetahui kegiatan apa aja yang sedang diadakan Universitas Widyatama seperti contohnya seminar,penghargaan dan beasiswa.

2.TWITTER

Media Sosial ini jarang sekali digunakan di Universitas Widyatama karena mungkin kurang begitu memberikan informasi terupdate,terbukti dengan postingan terakhir tanggal 9 Februari 2012 itupun hanya 3 postingan saja dengan pengikut 16 orang.

3.YOUTUBE

 Media Sosial bebentuk video inipun ada di Universitas Widyatama namun baru satu postingan yang ada yaitu mengenai profile dari Universitas tersebut.

4.FLICKR

Media sosial ini kurang begitu dimanfaatkan di  Universitas Widyatama mungkin karena kalah saing dengan media sosial facebook.

5.FEED BURNER
Feed Burner (http://feeds.feedburner.com/widyatama)

Media Sosial yang selalu berhubungan dengan Blog ini tidak begitu di ekspose. biasa juga berisi RSS dimana digunakan untuk menampilkan berita dengan urutan terupdate.

**Universitas Pembangunan Nasioanl Veteran Jawa Timur (http://www.upnjatim.ac.id/)

Media Sosial yang dimiliki antara lain:
1.FACEBOOK

Media sosial ini memang merupakan media bertukar informasi yang cukup lengkap di Universitas  Pembangunan Nasional ini banyak kegiatan beserta informasi informasi yang selalu di update juga termasuk lowongan pekerjaan yang di posting di group.

2.TWITTER
twitter(https://twitter.com/upnveteranjatim)

Media Sosial yang ini juga jarang memberi informasi terupdate walaupun begitu informasi penting saja yang biasanya diposting.

3.WIKIPEDIA
wikipedia(http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Pembangunan_Nasional_%22Veteran%22_Jawa_Timur

Media Sosial ini sangatlah penting mengingat hal ini berkaitan dengan seluk beluk dan sejarah dari UPN itu sendiri. nah biasanya juga media sosial wikipedia merupakan acuan utama ketika orang ingin mengetahui tentang suatu sejarah atau informasi dari apapun itu.

4.YOUTUBE
youtube(http://www.youtube.com/user/upnjatim50)

Media Sosial Youtube dari UPN juga lumayan berkembang dengan banyuak mengupload tentang kegiatan dari suatu acara seperti seminar,lomba ataupun kegiatan yang diselenggarakan UPN itu sendiri.

5.FLIPBOOK
galeri(http://www.upnjatim.ac.id/index.php?option=com_flippingbook&view=category&id=2%3Aupn-news&Itemid=125)

Ini Sosial Media semacam aplikasi digital yang telah banyak diminat oleh banyak orang biasa digunakan untuk menampilkan informasi secara digital seperti piagam dari universitas Pembangunan Nasional.

6.WEB STREAMING
streaming (http://tv.upnjatim.ac.id/)

Sosial Media jenis Video yang menampilkan streaming dari suatu kegiatan yang di lakukan pada suatu acara yang memang ingin ditayangkan di UPN ini.

ULASAN PERBANDINGAN SOSIAL MEDIA DARI DUA UNIVERSITAS DI ATAS 

Bisa dilihat apa saja yang telah terpapar mengenai penjelasan dari masing masing sosial media pada Universitas Widyatama dan Pembangunan Nasional kalau dilihat keduanya memiliki sosial media yang hampir sama yaitu facebook,twitter dan Youtube. Perbedaan keduanya terlihat jelas pada Universitas Widyatama mempunyai flickr dan feedburner sedangkan Universitas Pembangunan Nasional tidak punya begitupun sebaliknya UPN punya Wikipedia nah di Widyatama harusnya juga bisa punya karena pada dasarnya wikipedia cakupannya luas dalam mencari informasi Universitas.

Untuk sosial media yang jenis Video Widyatama mengandalkan Youtube itupun satu postingan saja berbeda dengan UPN yang mengandalkan Youtube dan web streaming dan postingannya lumayan banyak. serta UPN punya FlipBook seperti gambar digital kaya flash yang memuat gambar-gambar yang di dokumentasikan seperti gambar Piagam ini menambah nilai plus UPN. Kesimpulannya yaitu Universitas Pembangunan Nasional lebih memberikan informasi melalui media sosial yang cukup lengkap dibandingkan Universitas Widyatama namun untuk masalah update Widyatama dengan media facebook lebih sering memposting dibandingkan UPN.


 



0 komentar:

Posting Komentar