Senin, 21 Juli 2014

GAME PROCESSING ASTEROID





Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman (development environment) open source untuk memprogram gambar, animasi dan interaksi. Digunakan oleh pelajar, seniman, desainer, peneliti, dan hobbyist untuk belajar, membuat prototipe, dan produksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak (software) dan tool produksi profesional.Processing adalah suatu projek terbuka yang diinisiasi oleh Ben Fry dan Casey Reas. Berkembang dari ide-ide yang dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group (ACG) di MIT Media Lab. Projek ini kini terus diperbaiki dan dikelola oleh sejumlah kecil tim voluntir.
Processing mengaitkan konsep software pada prinsip-prinsip bentuk rupa, gerak, dan interaksi. Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.
Game Asteroid adalah game yang di rancang dengan menggunakan bahasa pemrograman Proecessing dengan tema luar angkasa yang dikategorikan jenis game shoot atau menembak. Game ini terdiri dari beberapa unsur dari maulai desain gambar,suara serta pemrogramannya itu sendiri.
Di Sini saya akan memebahas mengenai bagian sound atau suara yang ada pada game ini. Berikut ini kodingan dari penambahan suara:

 
/*Deklarasi Variabel Global*/
import ddf.minim.*;
Minim audio;
AudioSample shoot_1;
PImage imgback;
PImage plane;
PFont font;
ArrayList asteroids;
int ac = 1;
int time;
int spd = 1;
int h = 1;
int score;
boolean shoot;
boolean lose;
float hits;
float shots;

/*Setup jenis Font dan besar dimensi Jendela permainan*/
void setup()
{
  size(500,500);
  imgback = loadImage("back_star.jpg");
  plane = loadImage("ship_1.png");
  font = loadFont("AgencyFB-Reg-20.vlw");


  asteroids = new ArrayList();
  noCursor();
  audio = new Minim(this);
  shoot_1 = audio.loadSample("fiveseven.wav");
}
dari kodingan diatas yang diberi warna merah merupakan kodingan untuk memanggil suara. Pertama kita deklarasikan terlebih dahulu variabelnya yaitu AudioSample shoot_1; potongan kodingan tersebut akan digunakan untuk pemanggilan variabel sat audio dimasukkan.  shoot_1 = audio.loadSample("fiveseven.wav"); kodingan ini digunakan sebagai pemanggil audio yanga da di folder dengan ekstensi .wav. Jadi seperti itu pemberian audio dari game ini.

0 komentar:

Posting Komentar