Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan
pemrograman (development environment) open source untuk memprogram
gambar, animasi dan interaksi. Digunakan oleh pelajar, seniman, desainer,
peneliti, dan hobbyist untuk belajar, membuat prototipe, dan produksi.
Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam
konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak (software)
dan tool produksi profesional.Processing adalah suatu projek terbuka
yang diinisiasi oleh Ben Fry dan Casey Reas. Berkembang dari ide-ide yang
dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group (ACG) di MIT Media Lab. Projek
ini kini terus diperbaiki dan dikelola oleh sejumlah kecil tim voluntir.
Processing mengaitkan konsep
software pada prinsip-prinsip bentuk rupa, gerak, dan interaksi. Processing
mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan
metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.
Game Asteroid adalah game yang di rancang dengan menggunakan bahasa pemrograman
Proecessing dengan tema luar angkasa yang dikategorikan jenis game shoot atau
menembak. Game ini terdiri dari beberapa unsur dari maulai desain gambar,suara
serta pemrogramannya itu sendiri.
Di Sini saya akan memebahas
mengenai bagian sound atau suara yang ada pada game ini. Berikut ini kodingan
dari penambahan suara:
/*Deklarasi Variabel Global*/
import ddf.minim.*;
Minim audio;
AudioSample shoot_1;
PImage imgback;
PImage plane;
PFont font;
ArrayList asteroids;
int ac = 1;
int time;
int spd = 1;
int h = 1;
int score;
boolean shoot;
boolean lose;
float hits;
float shots;
/*Setup jenis Font dan besar dimensi Jendela
permainan*/
void setup()
{
size(500,500);
imgback =
loadImage("back_star.jpg");
plane =
loadImage("ship_1.png");
font =
loadFont("AgencyFB-Reg-20.vlw");
asteroids =
new ArrayList();
noCursor();
audio = new
Minim(this);
shoot_1 = audio.loadSample("fiveseven.wav");
}
dari kodingan diatas yang diberi warna merah
merupakan kodingan untuk memanggil suara. Pertama kita deklarasikan terlebih
dahulu variabelnya yaitu AudioSample shoot_1;
potongan kodingan tersebut akan digunakan untuk pemanggilan variabel sat audio
dimasukkan.
shoot_1 = audio.loadSample("fiveseven.wav"); kodingan
ini digunakan sebagai pemanggil audio yanga da di folder dengan ekstensi .wav.
Jadi seperti itu pemberian audio dari game ini.
0 komentar:
Posting Komentar